Ide Rumah Panggung yang Maksimal, Dengan Garasi Mobil Dibawahnya!

 



Bosan dengan desain rumah yang gitu-gitu aja. Yuk, beralih ke desain rumah panggung minimalis dibawah ini. Hunian dengan konsep yang minimalis sederhana memang sedang menjadi idaman. Semakin meningkatnya harga tanah dan semakin mahalnya bahan untuk membuat suatu hunian mungkin sebagai alasan untuk setiap orang menginginkan desain rumah yang minimalis.

Rumah panggung adalah salah satu rumah tradisional Indonesia yang berbentuk seperti panggung, atau dasar rumah ini tidak menempel pada tanah.

Banyak provinsi di Indonesia, khususnya di wilayah yang curah hujannya tinggi, rumah panggung menjadi tempat berlindung dari banjir yang sering datang.

Ketinggian rumah jenis ini juga bervariasi, tergantung dari lokasinya, ia bisa berkisar 50 cm bahkan ada sampai 2 meter.

Kini, hunian modern juga banyak yang terinspirasi dari konsep rumah panggung sederhana. Sebab selain aman dari banjir, ada yang menyebutkan juga bahwa rumah panggung sederhana juga bebas gempa.

Secara umum, pola ruang pada rumah panggung tradisional hampir sama, mereka memiliki teras di bagian depan atau samping, beberapa kamar tidur, ruang keluarga, dan dapur di bagian belakangnya.

Sayangnya, kini banyak penduduk yang mengganti rumah tradisional ini menjadi rumah modern tanpa panggung dan material selain bambu atau kayu.

Ini karena sudah tidak terdapat lagi rumah panggung di lingkungan mereka dan banyak juga yang kesulitan menemukan material bambu dan kayu yang baik.












Posting Komentar

Menu Halaman Statis

Copyright ©