Menyulap Ruang Sempit Menjadi Lebih Luas dengan Mezzanine

 


Mezzanine menjadi solusi Anda untuk mendapatkan lebih banyak ruang di rumah. Cari tahu lebih detail mengenai fungsi dan prinsip penggunaannya.

Hunian modern sudah tidak asing lagi dengan istilah mezzanine. Lantai ini dikenal sebagai salah satu solusi untuk ruang ekstra di dalam rumah tanpa menambah lantai bangunan. Selain berfungsi sebagai ruang tambahan, mezzanine juga dapat membuat rumah Anda terlihat lebih menarik.

Umumnya, mezzanine merupakan ruang terbuka, tetapi lantai ini juga bisa menawarkan ruang pribadi yang fleksibel dan nyaman. Tertarik untuk menerapkannya di rumah? Simak lebih lengkap tentang pengertian mezzanine, manfaat mezzanine, prinsip penggunaan mezzanine, serta panduan membangun mezzanine di rumah berikut ini.

Banyak orang mengira mezzanine merupakan bagian dari langit-langit sebuah bangunan. Sebenarnya, mezzanine dapat dikatakan seperti sebuah balkon di dalam ruangan atau lantai tambahan. Mezzanine merupakan lantai yang berada di tengah, antara lantai bawah dan atap atau plafon, dengan luas yang biasanya hanya sepertiga dari luas ruangan. Dalam arsitektur Prancis, mezzanine juga berarti ruangan yang dibuat dengan partisi, namun tidak naik sampai ke langit-langit.

Sebelumnya, mezzanine lebih banyak digunakan untuk bangunan pergudangan dan pabrik karena bangunan seperti ini biasanya memiliki atap atau plafon yang tinggi. Apabila ingin menambahkan lantai di gudang dan pabrik, lebih mudah dibuat lantai mezzanine dengan konstruksi sementara atau semi permanen sehingga mudah dimodifikasi. Namun, kini mezzanine juga sering digunakan di gedung perkantoran, gereja, toko, ruang pertunjukan, rumah, apartemen, dan hotel.

Menerapkan mezzanine di rumah merupakan salah satu solusi yang tepat untuk memaksimalkan area dan membuat ruangan lebih fungsional. Mezzanine juga bisa menjadi pilihan untuk menambah ruang di rumah yang kecil, tetapi memiliki atap atau plafon yang tinggi.

Mezzanine di hunian modern tidak hanya dapat dimanfaatkan sebagai ruang tambahan di rumah. Berikut ini adalah beberapa manfaat menerapkan mezzanine di rumah Anda.

  1. Mezzanine memungkinkan Anda untuk mendapatkan ruang tambahan tanpa mengeluarkan biaya yang besar. Dibandingkan dengan merenovasi rumah dan membangun ruang tambahan, menerapkan mezzanine dan memaksimalkan area yang tidak digunakan di rumah akan lebih hemat biaya.
  2. Mezzanine dapat digunakan sebagai area penyimpanan, kamar tidur tambahan, ruang studio kerja, ruang bersantai, ruang anak-anak, dan lain sebagainya. Opsi desainnya yang fleksibel memungkinkan Anda untuk menggunakan mezzanine untuk berbagai keperluan.

Memiliki mezzanine di dalam rumah tidak hanya menjadi solusi kebutuhan ruang tambahan, tetapi juga dapat memberikan kesan berbeda dan unik di tempat tinggal Anda. Jika Anda berniat untuk membangun lantai mezzanine di rumah, tetapi masih binggung dengan penggunaan yang mezzanine yang baik dan tepat, berikut inspirasinya.

Mezzanine Desain Terbuka

Mezzanine dengan desain terbuka cocok bagi Anda yang memiliki keterbatasan lahan. Anda bisa membangun mezzanine dekat ruang utama, karena lantai ini akan membuat rumah Anda terlihat berbeda dan unik. Pastikan juga akses posisi tangga mezzanine dapat mudah dijangkau, sehingga Anda dapat bebas berinteraksi dengan keluarga.

Private Mezzanine

Anda yang menginginkan privasi juga dapat membuat mezzanine dalam interior yang tertutup. Caranya, gunakan kaca transparan sebagai dinding dan lengkapi dengan tirai untuk mendapatkan mezzanine yang lebih private. Dengan menggunakan kaca dan tirai, Anda dapat melihat ruangan di bawah dengan mudah, tetapi juga bisa meminimalkan interaksi.

Mezzanine Ala Jembatan

Selain sebagai ruangan tambahan, mezzanine juga bisa berfungsi sebagai jembatan yang menghubungkan sebuah ruangan dengan ruangan yang lainnya. Mezzanine ala jembatan dapat dimanfaatkan sebagai ruang kerja dengan konsep yang terbuka dan akan memudahkan Anda untuk berinteraksi dengan anak-anak yang sedang bermain di lantai bawah.

Mezzanine di Sudut Ruangan

Dilansir dari Houzz, jika Anda tidak memiliki ruangan besar atau langit-langit yang berukuran ganda, Anda dapat menggunakan sudut di sebuah ruangan untuk membuat mezzanine yang tinggi. Mezzanine yang nyaman ini dapat dimanfaatkan sebagai tempat tidur atau ruang membaca.

Mezzanine di Dalam Kamar Tidur

Bagaimana jika Anda memiliki kamar tidur yang cukup luas dengan langit-langit yang tinggi? Anda dapat memanfaatkan kelebihan ini dengan cara yang kreatif, yaitu menciptakan mezzanine yang berfungsi sebagai ruang penyimpanan ataupun walk-in closet.

Sebelum membangun mezzanine di dalam rumah, ada banyak hal yang perlu diperhatikan dan menjadi pertimbangan Anda. Simak panduannya berikut ini.

Luas Ruangan

Biasanya lantai mezzanine menggunakan sepertiga luas ruangan di rumah Anda. Oleh karena itu, pastikan luas ruangan rumah Anda mencukupi, sehingga keberadaan mezzanine tidak membuat sebuah ruangan menjadi sempit.

Fungsi

Setelah mengetahui luas ruangan yang akan dibangun mezzanine, selanjutnya tentukan fungsi dari lantai mezzanine tersebut. Jika lantai mezzanine cukup luas, Anda bisa memanfaatkannya sebagai kamar anak-anak, ruang kerja, studio, atau ruang bersantai. Jika luas mezzanine terbatas, lantai tambahan ini bisa berfungsi sebagai perpustakaan atau sudut untuk membaca.

Tinggi

Selain luas ruangan, tinggi ruangan juga perlu diperhatikan supaya mezzanine tidak terlihat menyesakkan. Menurut Impressive Interior Design














Posting Komentar

Menu Halaman Statis

Copyright ©