Langkah Membuat Pondasi Rumah yang Kuat dan Berkualitas

 


Pondasi Bangunan, Proses Pembuatan Pondasi yang Tepat Agar Properti Kuat. Menurut wikipedia Pondasi bangunan adalah kontruksi yang paling terpenting pada suatu bangunan. Karena pondasi berfungsi sebagai “penahan seluruh beban yang berada di atasnya dan gaya – gaya dari luar”. Pondasi merupakan bagian dari struktur yang berfungsi meneruskan beban menuju lapisan tanah pendukung dibawahnya.

Dalam struktur apapun, beban yang terjadi baik yang disebabkan oleh berat sendiri ataupun akibat beban rencana harus disalurkan ke dalam suatu lapisan pendukung dalam hal ini adalah tanah yang ada di bawah struktur tersebut. Beton bertulang adalah material yang paling cocok sebagai pondasi untuk struktur beton bertulang maupun bangunan baja, jembatan, menara, dan struktur lainnya.

Beban dari kolom yang bekerja pada pondasi ini harus disebar ke permukaan tanah yang cukup luas sehingga tanah dapat memikul beban dengan aman. Jika tegangan tekan melebihi tekanan yang diizinkan, maka dapat menggunakan bantuan tiang pancang untuk membantu memikul tegangan tekan pada dinding dan kolom pada struktur.

Proses pembuatan pondasi banguna tidak boleh dilakukan secara sembarangan karena akan memengaruhi keamanan dan kenyamanan bangunan tersebut. Ada beberapa syarat yang harus dipenuhi oleh pondasi yang baik,

  • Konstruksinya harus kuat dan kokoh agar tidak mengalami pergeseran tempat atau ambles
  • Harus mampu menyesuaikan ketika terjadi peristiwa tanah bergerak, mengembang, atau menyusut
  • Sanggup menahan pengaruh yang berasal dari kandungan unsur organik maupun anorganik tanah.

Setelah mengetahui syarat pondasi yang baik, kini kita akan mengenal cara pengerjaannya yang terdiri dari dua jenis pondasi ini.

Pondasi Bangunan: Pondasi lajur atau menerus

Pondasi lajur atau menerus -disebut juga pondasi langsung, ialah jenis pondasi yang digunakan untuk bangunan rumah tak bertingkat. Jenis pondasi ini mempunyai ukuran yang sama besar dan terletak pada kedalaman yang sama.





















































Posting Komentar

Menu Halaman Statis

Copyright ©